WARNING...PENGAYA (ADD-ONS) MOZILLA MENGANDUNG TROJAN

WARNING...PENGAYA (ADD-ONS) MOZILLA MENGANDUNG TROJAN

Beneran dah gua buktiin karena gua korbannya, ckckck...gua adalah pengguna Mozilla Firefox yang gua anggap browser yg satu ini paling bagus dan optimal gua pake untuk eksplor di dunia maya. Gua suka donlot pengaya2 Mozilla karena kebetulan Mozilla yang gua pake adalah Mozilla/5.0 (Windows; U; Windows NT 5.1; id; rv:1.9.2) Gecko/20100115 Firefox/3.6 sangat compatible dengan PC gua karena selalu memberitahukan dan mengunggah secara otomatis versi2 pengaya terkini. Jadi gua punya banyak themes sehingga gua gak pernah bosan dengan tampilannya, disamping itu beragam pengaya lain diantaranya adalah cool previews, fastest fox, dan beberapa plugins juga rajin gua unduh berharap agar Mozilla bisa berjalan lebih optimal. Tapi apa yang terjadi, browser malah makin lambat...gua gak ngerti, bahkan untuk membuka pertama kali Mozilla pun ketika kali pertama gua buka setelah PC hidup membutuhkan waktu 10 sampai 15 menit, Hhuuft...sampai akhirnya gua temukan alasan kenapa hal ini terjadi. Setelah gua cari tahu akhirnya gua temuin tulisan tentang masalah ini, mungkin banyak pengguna Mozilla yang komplain dan mendapatkan permasalahn yang serupa.

Peramban Mozilla baru saja menambahkan dua pengaya (add-ons) barunya, yakni Master Filer dan Sothink Web Video Downloader versi 4 untuk PC.


Sayangnya dua pengaya yang sedianya digunakan untuk menangkal program jahat (malicious) tersebut justru terinfeksi oleh Trojan. Master Filer bahkan sudah diunduh sekitar 600 kali dan menginstal Bifrose Trojan. Sedangkan Sothink Web Video Downloader versi 4 menyusup di dalam LdPinch Trojan dan sudah diunduh sebanyak 4.000 kali.

Jika Anda kebetulan menginstal salah satu dari pengaya malicious tersebut, maka Anda akan memerhatikan bahwa Trojan yang sudah terinstal tidak akan mudah dihapuskan. Dalam hal ini yang Anda perlukan adalah menjalankan scan antivirus yang terpisah dan desinfeksi guna membersihkan sistem pada komputer Anda. Pasalnya, menjalankan hanya satu anti virus bukanlah solusi yang tepat, sebab Trojan tak mudah terinfeksi dengan cara demikian.

Ketika berita ini kami tulis, Mozilla menggunakan ClamAV sebagai satu-satunya pemindai. PCworld, sumber berita yang kami lansir, pada awalnya juga ingin mengetahui alasan mengapa Mozilla tidak beralih saja ke virustotal.com yang menampung sebanyak 40 antivirus berbeda untuk masing-masing kasus. Menurut sebuah organisasi open-source, malicious tersebut pernah juga menyusup ke dalam salah satu pemindai malware yang digunakan oleh Mozilla.

Sumber : infokomputer.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Web-Stat web traffic analysis