JANGAN MENYIKSA DIRI

JANGAN MENYIKSA DIRI

Allah SWT menciptakan dunia seisinya untuk kemudahan manusia itu sendiri, oleh itu hendaklah manusia memanfaatkannya. Sahabat Anas menceritakan bahwa satu hari Rasulullah S.A.W melihat seorang yang dipapah oleh kedua orang anaknya menunaikan haji dengan berjalan kaki. Apabila melihat keadan itu maka baginda bertanya, "Mengapa dengan orang ini?", dua anak itu berkata, "Dia bernazar hendak menunaikan haji dengan berjalan kaki. Kemudin Rasulullah berkata, "Sesungguhnya Allah SWT tidak memerlukan orang yang menyiksakan dirinya."

Ketika itu juga Rasulullah memerintahkan kepada orang itu agar naik kenderaan untuk menunaikan haji. Dalam satu peristiwa lain, seseorang menziarahi tuan gurunya yang sudah lama berpisah, dia berjalan kaki beberapa batu ke rumah gurunya dengan maksud untuk mendapat pahala yang lebih. Setiba di rumah gurunya itu, tuan guru itu bertanya, "Kamu datang dengan apa?", Anak murid itu berkata, "Saya berjalan kaki." Apabila tuan guru itu mendengar jawapan anak muridnya itu dia berkata : "Dia telah menciptakan kuda, baghal dan keldai agar kamu mengenderainya."

Banyak hal sudah kita lakukan yang dalam persepsi kita mungkin mengikuti kata hati, namun sebenarnya dengan mengaplikasikan hal tersebut sesungguhnya kita sedang mendzalimi diri sendiri. Misalnya masalah yg paling populer saat ini adalah beragam hal mengenai perasaan, hati, dan cinta....terkadang kita membiarkan diri kesakitan, melukai hati sendiri, bahkan sampai mengalami depresi.
Benar sekali jika cinta itu memerlukan pengorbanan, namun sadarkah kita...ketika cinta yang kita harapkan bertepuk sebelah tangan, kita baru saja membuat sebuah goresan dihati, ketidaknyamanan perasaan. Cinta memang dominan membuat manusia berlaku berlebihan, Allah SWT melarang umatnya berlaku Ghuluw (berlebihan), oleh karena itu...kita perlu belajar bagaimana cara kita mengontrol diri menghadap masalah demikian.

"Sesungguhnya Allah SWT tidak memerlukan orang yang menyiksakan dirinya"

ughiee

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Web-Stat web traffic analysis